Pages

Kamis, 16 Januari 2014

Keramat



Percaya gak ? kalau doa orang tua itu selalu didengar Allah ? terutama Ibu…hmmm, buat gw, berkah banget setiap hari selalu didoain sama mamah…doa ibu tuh jangankan yang baik, yang buruk aja bisa kejadian lho. Ga ada sebernya ibu yang mau doain keburukan buat anaknya, tapi kan kadang manusia bisa yaaaa, kepancing emosi. Dan kita sebagai anak, suka suka gitu sih, cari perkara sama orang tua. Ngakuuuu… :p gw juga gitu kok

Duluuuuu…waktu masih ABG, eciyeee :p masih ego nya segede apa tau deh, gw paliiiiiing susah dikasih tau. Suka aja berdebat gitu sama mamah dan bapak. Yaaaa…anak satu”nya sih, maunya apa” diturutin, maunya apa’ dingertiin, susaaah betul belajar toleransi. Bahkan sama orang tua sendiri. Eits, jangan nyinyir gitu aaah sama gw, walaupun gw suka berdebat dan selisih paham, tapiii gw paling sayang sama mamah dan bapak. Apapun bakal gw lakuin buat mereka,  ibaratnya, kalau mereka minta nyawa gw sekalipun, gw kasih…( love u mamah, bapak :* ).

Gw inget banget, dulu…waktu jaman SMA, gw pernah pacaran sama cowo yg mamah ga suka. Sebabnya apa ? karenaaa itu cowo emang suka brantem, minum, dan juga bertato saudara-saudaraaa -_-, tapi serius, walaupun begitu, dia baiik, dan selalu jagain gw, dia ga pernah macem”, gw selalu aman sama dia ! ga percaya kan ? ada anak preman kaya gitu tapi sama cewenya ya ampuuuuun so sweet banget :p hahaha, kenapa jadi ngomongin mantan panjang lebar gini deh :p. jadi, selama gw pacaran sama dia, gw tuh backstreet (ehem) pada suatu hariiiii, gw janjianlah sama mantan gw ini buat Jalan, dan gw bohong sama mamah pas ijin. Mamah udah wanti” tuh sama gw pas mau berangkat.
“awas ya, kalo pergi sama xxxxxx”
Gw saat itu gw diem aja, salaman trus pergi…
Kemudiaaaan…terjadilah insiden itu, gw sama mantan gw itu jatoh dari motor ! duuuh, Alhamdulillahnya gw ga sampe parah banget -_-, Cuma lutut sama tangan gw bungsut kena aspal jalanan, sampe putih gitu keliatan dagingnya -_- *horooooor*
Sore itu mamah tau gw kecelakaan dari orang” dijalan pas habis belanja, waktu itu gw udah ada dirumah, udah ngobatin luka.
Sumpah, waktu mamah pulang jantung gw kaya mau copot, dan takuuuut banget, tapi sebenernya lebih ngerasa malu. Ga nurut sama mamah akhirnya celaka T.T
Sampe dirumah  mamah ga langsung marah malah nangis L ya ampuuun, gw ngerasa tambah salah. Trus gw lolos gitu dari omelan mamah ? engga laaah, tetep malemnya abis gw d bawa ke dokter pulangnya abiiiiis diomelin sama mamah, bapak mah ga banyak komen kalo soal begituan. Dan setelah itu, gw udah mulai sadar, kalo doa mamah tu bener” didenger Allah, mungkin aja yaaa, dalem hati mamah waktu itu ga rela, karna tau gw boong dan beneran deh, gw celaka L
Dahsyatnya seorang ibu tuh gitu, kata yg ga keluar dari mulutnya aja ampun sama anaknya, gimana kata yang keluar coba ?? naaah, cerita dibawah abis ini bakal gw kasih tau ke lo semua, kayak gimana mujarabnya, perkataan (doa) seorang ibu yang keluar dari mulutnya. Dan ini Alhamdulillah yang baik-baik nya J (berhubung ceritanya bakalan panjaaaag dan lebar :D siapin camilan gih sana :p)


Seperti yang kalian tau, kalo kalian baca blog ini dari awal (yakin ada yg baca dari awal emang ? :D hahaha). Gw bilang kan, gw bukan dari keluarga yang berada, yaaa bukannya ga bersyukur sama yang Allah kasih, maksudnya, pernah lah sampe ada cap waktu gw SD, gw tuh golongan orang yang “miskin”.  Ga masalah sih buat gw waktu itu, gw tetep happy karena gw ngerasa bahagia aja. Walaupun mereka” bilang gw miskin harta, tapi sebenernya gw kaya hati (gw bahagia orang tua gw sll ada buat gw dan kita semua saling menyayangi) J
Masa” SD bisa gw lewatin tanpa kendala yang berarti, gw hidup dan tumbuh normal sama anak yang lainnya, mamah sama bapak selalu mencukupi dan menyamakan apa yang gw pake sama kaya anak” lainnya, fasilitas pun mamah dan bapak samakan kaya anak” lainnya juga, misalnya temen gw  bimbel ya gw juga dibimbel-in lah, kursus ini lah itu lah, nyokap gw selalu bilang, mamah sama bapak ga bisa kasih harta, tapi bisa kasih kamu bekal ilmu, biar harta kamu yang cari sendiri.
Lalu beralih ke masa SMP, disinilah mulai banyak gejolak” dalam keluarga gw, utamanya sih masalah financial, jadi pernah tuh waktu kelas 1 SMP selama beberapa bulan gw tiap hari bawa bekel makan dari rumah, biar ga jajan disekolahan, berangkat ke sekolah kan naik mobil jemputan, pulangnya baru naik umum kaya yang lain, dan lo tau berapa uang yang gw pegang tiap harinya ??? cuma 1000-1500rupiah aja, hehehe, waktu itu ongkos pulang 600/700 gitu ya…2 kali naik angkot, dan sisanya ? ya cuma cukup buat jajan es aja :D itu pun sekali.
Sampe yang punya kantin ga kenal sama gw Karena gw ga pernah jajan :D hahaha, poor mee. Tapi gw ikhlas, ga ngeluh, ga ngedumel, ga malu, gw yakin kalo keadaan kaya gitu ga akan selamanya. Pas kelas 2 SMP, kelas 3, Alhamdulilllah semuanya jauh lebih baik. Uang jajan gw lebih dari cukup, bahkan gw sering bisa beli buku LKS (Lembar Kerja Siswa) sendiri tanpa minta lagi dari mamah sama bapak, walaupun kadang gw minta ganti sih, hehehe, biar punya tabungan dikit” gituuu.

Lanjut ke masa gw SMA, waktu gw SMA, karena sekolahnya keluar kota dan itu PP booook, ga boleh ngekost :D bayangkaaan, berangkat jam 5 lwt 15 subuh dari rumah, karenaaa gw sekolah di serang kota dan rumah gw di bojongkenyot, hahahha, bukan diing canda, rumah gw di serang pinggiran (bojonegara) makanya uang saku gw lebih makmur lagi, hehehhe, pokonya masa SMA Alhamdulillah ga berasa miris” banget paling pas mau lulus aja mulai bingung, kuliah apa kerja, yaa secara gw sempet mikir mau bantu orang tua, dan juga kasian sama mamah dan bapak kalo gw kuliah ngeberatin mereka ga ?
Gongnya adalah ketika gw lulus dan nerusin kuliah, 1 kata yang pasti dari mamah dan bapak, kalo kamu mau kuliah, siap” hidup prihatin ! dan itu beneran kejadian J

Jaman gw kuliah, ini bener” jaman cobaan dan juga pembuktian, namanya masalah financial bener” mulai menggoyang keluarga gw lagi. Kalo mau dijabarin satu” bisa nguras air mata nyokap gw sama gw banget deh. Pernah selama berapa semester gw ga beli” baju baru, sampe akhirnya gw malu dan minta beli baju baru, kenapa gitu pit ?? padahal kulian di PTN yg da dipunggut biaya ini itu ? ia tau, tapi gw kan ga mau ngeberatin orang tua, bekal kuliah gw aja sehari 50,000, kenapa gede banget ? kuliah gw kebut dari pagi buta sampe sore menjelang malem, seminggu Cuma ambil 3 hari, biar mamah ga keberatan sama uang sakunya, ( uang itu buat ongkos, makan, fotocopy, beli buku, macem” deh). Dan sisa hari lainnya buat apa ? gw bantuin mamah di warung. Jualan minuman, rokok, kelontongan. Dan gw ga malu, karena mamah  sama bapak nyekolahin gw dari warung kecil itu, darah daging gw salah satunya ngalir dari rupiah” yang dikumpulin mamah di pantai. Dari mamah sma bapak nahan panas nahan dingin. Kadang kalo lagi capeee banget, gw, mamah sama bapak ngobrol diruang tamu rumah mamah ngomong gini, nanti ya pit, kamu mah nyari uangnya enak, jangan kaya mamah keujanan kepanasan, kamu mah nanti kerja diruangan ber-AC, gajihnya gede, kursinya empuk, enak. Saat itu gw Cuma bisa bilang Amiiiiiin...


Waktu gw mau lulus kuliah, cobaan besar kembali menghantam keluarga gw, pas 40 harinya mbah (ibu dari mamah) bapak tiba” aja bapak jatoh dikamar mandi, dan setelah itu nyaris ½ tahun ga bisa Jalan, ga bisa ngapa”in. otomatis gw sama mamah yang kelimpungan ngurus semuanya, dan mamah jadi 1 1nya orang yang jadi sumber pemasukan keluarga ini ( bapak udah berenti kerja alias pensiun waktu gw SMA kelas 2 kalo ga salah )
Tau sendiri kalo skripsi butuh banyak biaya, walaupun udah gw tekan sedemikian mungkin tetep aja pengeluaran membengkak, belum lagi obat buat bapak yang ga murah. Sampe gw bela”in demi ngejar lulus tepat waktu skripsi di kebut sampe dini hari, jam 2, jam 3 malem baru tidur ! dan berakhir tumbang kena tifus -_-, mamah malah tambah biaya buat rawat inap gw T.T , maaf ya maaah…pipit Cuma mau bantu malah tetep ngerepotin mamah L
Mamah sampe jual anting” emas nya buat nambahin beli buku, gw sampe ngejual cincin dan gelang buat biaya skripsi sampe wisuda, pokonya miriiiis deh, sedih inget”nya.
Tapi dari semua kesedihan itu keluarga gw makin solid, makin sayaaaang gw sama mamah sama bapak, dan dari semua kepedihan itu juga, doa” terbaik selalu meluncur keluar dari mulut mamah. Bener” doa yang Allah dengarkan dan Allah jadiin kenyataan sampe sekarang. Contohnya :

1.       waktu gw pengen baju baru tapi mamah ga punya uang buat beliin, mamah ngomong “nanti pit, kalo kamu udah kerja, mau baju kaya apa, sepatu macem gimana, yang harga berapa aja bisa kebeli, kalo sama mamah Cuma segini bisa ngasihnya, yang murah” L nangiiiiis sediiiih inget ini nih L Ya Allah
2.       saat gw pengen HP baru, dan mamah bener”ga ada uang mamah ngomong “sama mamah hp kamu Cuma yg murah, ga bisa bagus kaya temen” kamu, nanti kalo udah bisa cari uang sendiri, hp yang 2kali 3kali lebih mahal dari ini juga kebeli pit”…nyeeees rasanya dihati
3.       saat gw kepanasan kehujanan naik motor kemana” sama mamah, mamah ngomong “kalo udah kerja nanti kamu kemana” naik mobil bagus, pake supir, ga akan kepanasan ga keujanan” sekarang ??? semua itu kebukti J
4.       saat gw bener” ga punya uang pegangan sama sekali dan mamah Cuma bisa ngasih sekedarnya mamah doain gw supaya saat gw kerja, gaji gw besar dan semua kebutuhan gw tercukupi, malah lebih dari cukup.

Masyaallah, Allah maha kaya, bener” maha kaya, Allah kabulin semua doa” mamah sama bapak, Alhamdulillah masa” susah itu sekarang berganti masa” yang manis. Alhamdulillah…
Maka dar itu, sekarang gw selalu berusaha menyenangkan hati mamah sama bapak, gw sadar, semakin orang tua senang karna apapun yang kita ucapkan, berikan. Maka berjuta” kebaikan Allah akan berikan buat kita. Gw udah rasain  !

So, yang masih aja nakal sama mamah bapaknya coba dipikir ulang deh, apa yang kalian dapat kalo bukan kesusahan, belum lagi murka Allah…
Mending lakuin yang baik” supaya dosis doa kebaikan dari orang tua lo buat anak”nya makin banyak.
Kaya lagunya bang haji rhoma irama aja…”Keramat” *tsaaaaah* meleleh mode on

Hai manusia,  hormati ibumu
Yang melahirkan dan membesarkanmu
Darah dagingmu dari air susunya
Jiwa ragamu dari kasih-sayangnya
Dialah manusia satu-satunya
Yang menyayangimu tanpa ada batasnya

Doa ibumu dikabulkan Tuhan
Dan kutukannya jadi kenyataan
Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkanya

Bila kau sayang pada kekasih
Lebih sayanglah pada ibumu
Bila kau patuh pada rajamu
Lebih patuhlah pada ibumu

Bukannya gunung tempat kau meminta
Bukan lautan tempat kau memuja
Bukan pula dukun tempat kau menghiba
Bukan kuburan tempat memohon doa
Tiada keramat yang ampuh di dunia
Selain dari doa ibumu jua



Note :
Posting kali ini bukan bermaksud riya dengan mengumbar semua apa yg udah gw rasain, gw dapet sampe saat ini. Gw sadar ini nikmat belum ada apa”nya diantara jutaan, milyaran nikmat yg Allah punya. Cuma sekedar berbagi aja dan semoga bisa diterima dengan positif J

0 komentar: