Pages

Jumat, 05 April 2013

Papandayan - Day 2

30 Maret 2013
mata masih nempel senempel nempelnya tapi pagi-pagi gini suasana di luar tenda udah gaduh aja, kedengeran suara” yang gw kenal semua. Ada yang lagi becanda”, ada yang lagi sibuk masak, bahkan ada yang lagi ngorok ! hahaha, gokil. Sepagi ini ( gw sebut sepagi kerna emang kita semua tidur dini hari ) gw tidur kayaknya Cuma bentaaar aja, biasalah, masalah yg selalu gw haddepin kalo hiking gini, iyaaap, betul, dingin…
Masih maleeees banget keluar tenda, males kena angina diluar, tapi perut udah kukurubukan :p akhirnya mau ga mau keluar tenda juga :D , sekalian mau cari view" yang bikin seger dimata, kapan lagi cobaaa...

Bukan sunrise tapi tetap indah

Lihat deh, cantik...

papandayan, sunrise
Masih diselimuti kabut

papandayan, sunrise


Balik" abis poto", gw masuk tenda lagi, hihihi, ngelanjutin ngelonin anak" yang masih tidur. hahahaha, hello ??? ga masak pit ??? engga ! hihihi, lagi ga mood masak :p (modus) gw kan pen-tester terbaik. jadi cuma ngeliatin para lelaki masak aja sambil kekelonan ma anak". :D asik kan, hiking sama temen yang udah kaya keluarga gini...hihihi (pemalas!)

Kelonan dalem tenda sama Balkis & Raspin


Tes manis anget yang maknyuuus

Selesai sesi foto" :p sarapan, dan isi air di sekitar camp, jam 10an kita udah jalan lagi buat pindah camp ke Tegal Alun, kenapa ga ngecamp di pondok salada ? soalnya nanti kalo mau ke puncak kejauhan. sialnya, belakangan gw baru tau kalo di Tegal Alun tuh dinginya lebih hebring dari Pondok Salada, -_-, haaah, yaudin lah yaaa...dari louis camp ke Tegal Alun ga jauh, paling lama sekitar 20menit-an. kita ngelewatin banyaaaaak banget temen" seperjuangan di pondok salada :p halah, tapi serius euy ga sempet poto" udah rimpong pengen cepet sampe ke Tegal Alun aja. Rutenya dari louis camp - Pondok Salada - baru deh Tegal Alun...

Hutan mati keliatan dari jauh

Rombongan kita nyampur sama rombongan lain

Narsis dikit gpp ? :p


Itu air terjun yang ga-tau-namanya-apah
kata Bang Anas sih kebentuk karna longsoran

Perjalanan dari Pondok Salada ke Tegal Alun tuh ternyata asoy geboy juga saudara-saudarah, tapi enggap juga euy gegara pas naik perut penuh :p mana sepanjang perjalanan kita tuh selalu bercandaaa mulu, maksdunya sih biar ga berasa, yg ada malah mules ngakak aja :p hadeuh ozaaan

Jadi tukang moto candid sepanjang jalan LOL :p


Hutan Mati

Yang moto bleh kali dipoto :D heuheu

Sekali lagi yaaa ? hihihi

Ini dia tukang bullying no wahid -_-, siksaaa mulu

Igo Kiki, Bintang

Kalo dibilang trek di Papandayan itu berat, ga juga sih sebenernya,( gaya, padahal enggap ga ngaku :p ) cuma yang bikin repot tanah disana itu labil, dan pas kebeneran lagi musim sering ujan tuh pas kita kesana, alhasil, ya rada rebet sih, celana kotor, mana licin, udah gitu karna pas lagi rame banget di Papandayan tu, akhirnya jalan buat ke Tegal Alun lebih lama. lamanya ? ia jalannya kecil jadi ada saat dimana kita jalannya ganti"an yang mau turun sama yg mau naik.
Semakin keatas lapisan oksigen makin tipis, udah mulai kerasa enggap, ada satu kejadian dimana abang" kita dan para bapak" yang perkasa itu lagi tengah berjuang bawa carrier yg beratnya udah ga ketulungan dan segede alaihim tiba" berenti trus ngakak", lhe, gw kira kenapa...ternyata eh ternyata,ada pendaki yg baru turun bilang gini
"Semangat a, 1 tanjakan lagi sampe Tegal Alun"
dan mereka pun menjawab dengan semangat 
"Oh ia aturnuhun" tapi pas ngeliat nama tanda petunjuk yang ada disitu, hahaha, gokiill, ini namanya tanjakan mamang brooo :p dan lo tau ga sih, ini tanjakan paling ripuuuuh. gw sih ksian sma para lelaki itu, serem takut jatoh gitu, Alhamdulillahnya pas gw lagi kesusahan naik itu tanjakan mamang somay , ada pendaki lain yang mau pada ngulurin tangannya, hehehe, makasi yaaa :D

Si mamang nu gawe ripuh kenah...
Ari si mamang teh tega pisaaaan :p

Jalan 5 menitan sehabis bebas dari si mamang" :D udah sampe deh kt di Tegal Alun. uuuuh rasanya seneeeeeng, gw baru pertama kali ngeliat padang bunga edelweis seluas ini. 

Akhirnyaaa...sampe juga kita disini

Liat warnanya ? kuning :d my fav colour

Yippiy...Tegal ALun yippiy...*norak mode on

Oia, ini gw kasih bonus gimana teganya
si mamang sama kita"...

Dan dibawah ini akan terlihat penampakan perempuan yang ga bisa nahan diri gegara si bunga cantik. hahahaha, untung rombongan gw tebal muka semua, jadi kalo gw norak" dikit padahal banyak.  mereka udah cuek aja :p




Belum lama foto" sambil leyeh" tiba" kabut udah dateng nyelimutin Tegal Alun, dan ga lama setelah itu byuuuur...hadeeeuh hujaaaan...para lelaki yang lagi sibuk buat tenda akhirnya buat tempat berteduh dulu buat gw & anak"...


Gw, Raspin, Balkis ( jadi mamah asuh :p da saya )

Kumpul bocah...

Tarik napaaas :p bentaaar gw ngelurusin tangan dulu, hadeuh, demi ngebutin ni posting sampe" kriwil tangan gw :p maklumin aja kalo ada yg kurang jelas yah, kurang puas sama cerita gw dimari ? boleh hub gw via wm, bbm, sms, tlp, kalo perlu yuk gw temenin kesana lagi, hahahaha...
Sambil nunggu hujan yang asoy geboy itu berenti, kita buka lagi ni dapur umum, kali ini sebagai wanita sejati, gw bantu masak dooong, hahaha, kan para lelaki udah buatin tenda kita"...yang paling suka dari semua kegiatan selama nge-camp kalo buat gw pribadi ya pas masak & pas naik ke puncak, perjalanannya sendiri adalah bonus.

Suasana Tegal Alun sehabis hujan

Sehabis masuk"in barang ke tenda trus makan, rupanya hujan ga mau bener" pergi dari Tegal Alun, rintik" kecil tiba" berubah jadi besar lgai. dalem hati udah resah ga karuan, nah gimana ini mau ke puncak ? rencananya kan kita mau liat sunset di puncak. hmmmm, dalem tenda gw ngerasa BT, paling tidur"an aja sambil canda"an sama anak", gw pindah dari 1 tenda ke tenda yang lain buat ngilangin BT, dan berakhir disewotin karna bikin basah dan kotor tenda, hahahaha, maap ya maap :p 
setelah nunggu 1/2 jam an, akhirnya, hujan udah berenti. tapi sialnya gara" tu hujan, rombongan kepecah 2, ada yg mau tetep ke puncak sore itu, ada juga yang mau ke puncak besok pagi, ngejar sunrise. gw sendiri bingung, mau sore ini apa besok ya...setelah mikir" akhirnya gw putusin buat ngejar sunset aja, kalo sunrise, di bawah juga cantik lah cukup...dan orang yang pergi ke puncak ahkirnya cuma ber 6...

Gaya, padahal kedinginan T.T

Pak Hadi, Bang Irwan, Pak Yadi, Bang Anas, Pak Pandi

Puncak bayangan
puncak aslinya bukan disini, masih harus jalan beberapa menit lagi
tapi sekarang udah kena longsor (fyi:waktu kemaren gw sampe puncak pun udah longsor)

Kalo biasanya perjalanan menuju puncak itu ditemenin sama pendaki yang bersliweran naik turun, kali ini gw ngerasa beda banget. selama perjalanan naik ke puncak masa cuma 2 kali papasan sama rombongan lain, itu pun jumlahnya ga jauh beda sama kita, cuma ber 4, ber 3 gitu, jalan dari Tegal Alun ke puncak lumayan asik, dan kali ini gw bener" dipaksa buat belajar tentang vegetasi dipegunungan, gimana cara baca jejak, gimana cara ini cara itu, dan gw seneng semua care sama gw yang bener" mau belajar, yap, buat gw mereka itu ga cuma mantan rekan kerja dan teman, tapi mereka adalah keluarga ! 

Foto lokasi camp kita dari jauh

Diperjalanan ga lupa teteup foto" walaupun rempong dikit karena keadaan sekitar basah da lembab banget takut kamera jadi basah kan brb, oia, mau tau baju yg gw pake buat ke puncak berapa lapis ?? hahaha, mau tau ga ?? hah ? apa ? ga mau ? mau aja deeh :p gw pake kaos lengan panjang, pake jaket tebal, didobel lagi sama jas hujan. perlu sebut merk ga sih ?? yg gw pake tuh e*ger punya dan lo tau ?? nantinya ketika kita turun gunung tetep basah sampe kedalem" -_-.

Perjalanan ke puncak bener" diselimuti semangat 45 berkobar" walaupun feel ga enak, karna keadaan semakin lama makin mendung, dan hari semakin gelap. gw udah bawa headlamp, tapi yang gw hawatirin bukan masalah gelap dan hujannya, gw cuma takut ga bisa liat sunsite aja. daaaan bener aja dugaan gw !!! pas sampe puncak udah gelap gulita dan ketutup kabut T.T poor meeeeee....beruntung Pak Hadi & Pak Yadi udah sempet liat sunset karena mereka jalan duluan. tapi kasian :p karena kamera semua yg pegang rombongan blakang jadi ga bisa poto", hehehe, tapi kalian tetep beruntung pak T.T bisa liat sunsetnya, lha saya ???

Suasana dipuncak Papandayan, udah ketutup kabut, kaya liat tembok aja T.T
hati" longsor ya...

Naaaah, ini bukan puncak sesungguhnya saudara-saudaraa
masih kesanah lagi kitaaa



Setelah puas memandangi tembok :( akhirnya kita putusin balik lagi ke camp, hujan udah makin ga bisa dikendalikan, begitu pula sama rasa dingin yang mulai kerasa. ampun, udah pake baju setebel itu pun gw masih ngerasa dingin. 


Kabut dimana-mana

Perjalanan pulang dari puncak buat gw pribadi adalah pejalanan yang amat sangat bikin sport jantung. selain karena gw udah mulai ngerasa kedinginan, perut tetep kerasa laper walaupun udah dikasih camilan, dan 1 lagi seperti yang udah gw ceritain di posting sebelumnya, kita turun sambil dianter sama "temen" kita disana.
setelah kita turun puncak pun keapesan ternyata belum mau pergi. keadaan di Tegal Alun udah ga puguh, kabut tebeeeel banget, dan kita kehilangan arah buat balik ke tenda, Alhamdulillahnya di deket sumber air ada group yang ngecamp disana, padahal tadi kita udah lewat situ, entah gimana ceritanya, setelah muter" di padang edelweiss kita balik lagi kesitu !!! what the ??? 
ngeliat gw yg udah kedinginan, ketua rombongannya ngasih gw minum teh manis anget, Alhamdulillah, enaaak banget dibadan, ga lupa yang lain juga dikasih tes manis, dan lebih maknyusnya  itu teh ada rasa gingsengnya juga, aaah mantaaap *droll*

sempet ngobrol' bentar, si mas nya nunjukin arah yang bener posisi camp kita. Alhamdulillah lagi jalannya udah mulai keliatan, tau kenapa kabutnya sepenglihatan gw udah ga setebel tadi pas kita nyasar -_-...zzzzz ampun deeeh

Pada akhirnya kita bisa balik ke tenda, walaupuuuuuuu, ternyata eh ternyataaaaa pas kita di puncak, Tegal Alun dihantam hujan yg lumayan deres (lagi, dan lagi). dan menyisakan tenda yang bocor disana dan disini, pas masuk tenda abak" langsung pada ngadu
"teteh, tendanya bocor" :(
"teteh, kedinginan, sleeping Bagnya basah" :(
teteh ini...teteh itu...huwaaaaa...pengen nangis ngeliat mereka kaya gitu, akhirnya gw kekepin aja satu" tu anak.
setelah berusaha cari baju yang kering dan nyaman, kita masak buat makan malem, cukup makan mie & telor aja, trus kita tidur. 
harapan gw untuk tidur nyenyak ternyata pupus saudara"...semaleman gw ga bisa tidur ! dan hampir aja kena hipo karena ga tahan sma dinginnya. tenda basah, Sb lembab. Alhamdulillahnya semua care sama gw, gw d kasih susu jahe & di pinjemin sleeping bag tambahan, jadi gw tidur pake 2 sleeping bag ! yasalam, gw tidur bisa keitung berapa menit aja bangun lagi, kecapean nahan dingin ketiduran berapa menit bangun lagi. sampe" kata yang lain gw kaya ngelindur/gimana, gw sendiri juga lupa, gw nanya, paginya jam berapa ?? -_-

kesimpulan yang gw dapet setelah ngalamin itu semua adalah, alam itu penuh pesona,penuh keindahan, tapi kita memang hakikatnya ga bisa menyepelekannya, ga akan bisa ngalahin kekuatan alam, alam bisa bersahabat, tapi juga bisa menjadi pembunuh no 1...
semuanya gw jadiin pelajaran, semoga next time gw udah bisa lebih kuat dan ga terlalu merepotkan yang lain. inilah salah satu alasan kenapa setiap naik, gw ga bisa lepas dari rombongan yg ini, karena gw masih ngerasa belum bisa bener" jaga diri sendiri, masih butuh mereka keluarga gw buat jagain gw diatas sana, rasanya gw belum bisa percaya orang lain. aaaah, pemikiran yang cetek yaaa...tapi suatu saat gw janji, ketika gw udah jauh lebih kuat, gw pasti akan jalan sendiri tanpa mereka dan bergabung sama teman" yang lain...

diatas sana...puncak bukanlah yang terpenting...tapi yang paling penting keselamat kita, keselamatan sahabat kita...keselamatan kita semua...itu jauh lebih penting... :) 



0 komentar: