Pages

Senin, 11 Februari 2013

Mau dicari kemana ?


“apa yang kamu cari disana ? kebahagiaan itu ga harus dicari ke puncak gunung, ga harus dicari di tengah lautan, apalagi dicari ditempat yang sama sekali bukan “rumah” mu pit”…

Kata-kata mama masih jelas keinget sampe sekarang, jawaban yang meluncur dari mulut seorang ibu ketika gw bilang gw mulai jenuh sama keadaan yang sekarang.

Siang ini, kerjaan ga begitu banyak, sambil ketik sana ketik sini, cek sana cek sini, pikiran gw masih bisa kepecah juga buat flash back ke liburan di Jogja kemaren. Kaya film yang terus bolak balik gw puter, gw inget kejadian dr awal perjalanan sampe akhirnya balik lagi ke Jakarta, begitu seterusnya. Setiap moment liburan, itu selalu jadi moment yang paling gw tunggu, apalagi kalo bisa pergi sejauh mungkin dari lingkungan tempat gw tinggal, tempat gw kerja, gw selalu berusaha mencari kebahagiaan (kebebasan) gw “disana”…walaupun, ga selalu hal baik yang gw dapet, uhm, well kadang ada hal-hal yang gag gw harepin di liburan ntu bisa jadi malah gw alamin, nah kalo udah gitu bagian mananya yg penuh kesenangan dan kebebasan ya ? T.T

Gw akhirnya berpikir, okei, yang gw cari kebagaiaan (kebebasan) kan ? sebelum ini, gw pernah ngerasa bahagia akan sesuatu hal dan ngerasa bebas entah bagaimana caranya. Intinya, dimana aja gw pernah dapet kebahagiaan dan kebebasan itu ? gw mulai nge-list satu persatu, semua hal menyenangkan yang pernah gw alamin, dan dimana. Ajaibnya, dari semua list yang masih gw inget itu, punya banyak lokasi yang berbeda-beda, ada memang yang berada jauh dari rumah, tapi ada juga sebagian besarnya gw rasa malah di rumah dan tempat tinggal gw sendiri. Hei, rasanya ada sesuatu yang salah sama jalan pikiran gw…

Setelah gw berpikir…berpikir…dan berpikir…akhirnya, gw punya satu jawaban yang buat gw tersenyum, aaah bodoh bodoh bodoh…bukan, memang bukan (selalu) diluar sana gw dapat kebagaiaan dan kebebasan. Bukan dimana, tapi kenapa gw bisa ngerasa bahagia dan bebas, itu intinya. Gw bisa ngerasa bahagia karena gw berada disekitar orang-orang yang menyayangi dan gw sayangi, bukan tempatnya ! gw ngerasa bebas disekitar orang-orang yang memang menerima gw apa adanya, dengan segala kekurangan dan sedikit kelebihan gw.

Aaaah, pipit…sebegitu sederhananya padahal, tapi gw buatnya menjadi rumit. Bener kata mama, mungkin, ga selalu di ujung puncak gunung pit akan nemuin kebahagiaan, dan bukan juga ditengah laut yang luas pit bisa ngerasa bebas. Bukan ditempat yang jauh yang bukan rumah pit akan ngerasain semua itu. Kebahagiaan itu dekat sekali jaraknya ya kan ma ? ada disini, dihati kita sendiri…




0 komentar: